Telaga Biru Gunungkidul, Tempat Wisata Yang Hits di Daerah Istimewa Yogyakarta


Mau tanya tentang paket wisata low budget dijogja? klik kontak wa dibawah ini:
 Chat Whatsapp 62816683539 

____________________________________________________________

Siapa sangka bahwa Gunungkidul terkenal dengan obyek wisata alam yang begitu cantik dan mempesona. Selain Gunung Purba Nglangeran yang terkenal, ada juga deretan pantai berpasir putih yang cantik. Nah, kali ini ada pesona alam lainnya yaitu Telaga Biru bekas Tambang Batu Kapur yang berada di Desan Ngentak, Kelurahan Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Tempat wisata ini dinamakan dengan nama Telaga Biru karena airnya berwarna biru, kadang hijau. Pada awalnya tempat ini adalah sebuah bukit yang mempunyai kandungan batu kapur, lalu bukit tersebut ditambang oleh warga setempat untuk diambil batu kapurnya hingga terbentuklah keadaan tempat seperti telaga atau waduk sampai sekarang ini. Walaupun bekas penambangan namun keindahannya sungguh mempesona. Jika kamu berpose di Telaga Biru ini, kamu seakan akan berada di Danau Kelimutu yang ada di NTT. Hampir mirip warna birunya air dan indahnya alamnya. Yang membedakan adalah tempat ini masih sepi wisatawan sehingga kamu dapat leluasa berfoto dengan pemandangan telaga bekas tambang batu kapur ini.

Di kawasan wisata ini kamu tidak hanya melihat satu telaga namun ada beberapa telaga dengan warna berbeda juga terlihat saling berdekatan satu sama lain. Itulah salah satu keunikan dari Telaga Warna ini yaitu mempunyai warna berbeda-beda di tiap-tiap bekas galian. Namun mayoritas berwarna kehijauan karena merupakan bekas galian batu kapur.
Sebaiknya mengunjungi Telaga Biru ini pada pagi atau sore hari jika ingin melihat keindahan sunrise dan sunset. Disini kamu dapat melihat pemandangan sawah, pegunungan hingga permadani hijau yang terbentang sejauh mata memandang. Hanya saja, pengunjung harus hati-hati karena masih ada beberapa kendaraan besar yang masih sering mengangkut batu kapur dari lokasi pertambangan tidak jauh dari Telaga Biru Semin ini.


Tiket Masuk Wisata Telaga Biru Gunungkidul

Saat ini Telaga Biru sudah tidak sepenuhnya menjadi kawasan pertambangan batu kapur, masyarakat setempat menjadikannya sebagai salah satu objek wisata. Belum ada tiket masuk untuk mengunjungi kawasan wisata ini namun ada biaya parkir untuk roda dua atau sepeda motor adalah Rp 2.000,00 dan biaya parkir untuk kendaraan roda empat atau mobil adalah Rp 5.000,00

Rute Menuju Telaga Biru Gunungkidul

Telaga Biru berada di daerah perbatasan antara Kabupaten Gunungkidul dan Sukoharjo. Rute menuju Telaga Biru Gunungkidul dari Jogja dapat melalui Jalan Jogja Solo lalu ketika sampai Prambanan pilih arah Cawas. Lalu saat tiba di Cawas pilih arah Sukoharjo, nah lalu ada tugu perbatasan Sukoharjo dan Gunungkidul dari sini pilih jalan yang cor blok, ikuti saja jalan cor blok tersebut. Tibalah di Telaga Biru Semin Gunungkidul