Bukit Lintang Sewu, Obyek Wisata Baru Yang Hits Di Yogyakarta


Saat ini, banyak sekali tempat wisata baru yang bermunculan di Jogjakarta. Salah satunya adalah Bukit Lintang Sewu. Tempat wisata yang satu ini semakin ramai dikunjungi para wisatawan. Apalagi di kalangan anak muda yang menggemari fotografi. Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini,  silahkan simak artikel yang membahas tentang informasi lengkap mengenai Bukit Lintang Sewu berikut.

Asal Usul Dinamakan Bukit Lintang Sewu

Tempat wisata ini mulai dibangun pada bulan Januari 2016. Dahulu bukit ini bernama Bukit Watu Asah-Asah. Kemudian diberi nama Bukit Lintang Sewu yang artinya Bukit Seribu Bintang. Alasan pemberian nama itu karena pada malam hari ketika langit cerah, pengunjung dapat melihat dengan jelas ribuan bintang di langit tanpa adanya penghalang. Tak hanya itu, dari atas bukit ini, anda bisa melihat kerlap-kerlip lampu kota di kejauahan yang menyerupai hamparan bintang. Oleh sebab itulah tempat wisata yang satu ini dinamakan Bukit Lintang Sewu.


Alamat Dan Rute Menuju Lokasi

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Desa Muntuk Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul Jogjakarta. Anda hanya membutuhkan waktu 1 jam perjalanan dari pusat Kota Jogja. Ada dua rute yang bisa ditempuh untuk sampai di bukit ini. pertama yaitu rute Imogiri-Dlingo dari Kabupaten Bantul. Yang kedua, melalui jalur Pathuk Dlingo dari Kabupaten Gunungkidul. Anda sebaiknya memilih jalur yang pertama karena jalur pertama melewati beberapa tempat wisata lainnya yang bisa anda singgahi juga.

Apabila anda memilih jalur pertama maka rutenya dari Kota Yogyakarta menuju Jalan Imogiri Timur. Dari Jalan Imogiri Timur ini ikutilah jalan menuju makam raja-raja Imogiri hingga sampai di pertigaan Pasar Imogiri. Kemudian anda bisa belok kiri dan ikuti petunjuk arah menuju Kebun Buah Mangunan hingga bertemu dengan pertigaan yang apabila ke kiri anda menuju ke Kebun Buah. Dari pertigaan tersebut, ambil jalan lurus menuju Hutan Pinus. Setelah 500 meter melewati Hutan Pinus Asri anda akan menemukan Lokasi Bukit Lintang Sewu.


Harga Tiket Dan Jam Buka

Harga tiket yang harus anda bayar untuk bisa masuk ke tempat wisata ini hanya Rp. 3.000,- per orang. Kemudian untuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2000,- untuk montor, Rp. 5.000,- untuk mobil dan Rp.20.000,- untuk bus. Sedangkan jam buka Bukit Lintang Sewu yaitu mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Tips Liburan Ke Bukit Lintang Sewu

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika berkunjung di tempat wisata ini, antara lain:

1. Waktu berkunjung terbaik adalah di sore hari. selain anda bisa menyaksikan sunset dan melihat pemandangannya yang keren di malam hari.

2. Bagi yang camping, sebaiknya membawa peralatan sendiri dari rumah.

3. Bagi para orang tua yang membawa anak kecil, diharapkan lebih memperhatikan buah hatinya. Karena ditempat ini masih banyak jurang yang belum diberi pagar pembatas.

4. Bawalah bekal makanan dan minuman di luar hari libur. Karena warung hanya buka pada hari libur saja

5. Pakailah sepatu yang tidak terlalu tinggi dan nyaman digunakan karena masih banyak jalan setapak berupa tanah liat.